Tips Dan Trik Menanam Kacang Tanah Isi 100 biji

 Bagaimana Cara Menanam Kacang Tanah Agar Hasil maksimal??


Tips dan Trik agar kacang tanah berbiji banyak
Foto Dari Pixabay




Kacang tanah termasuk komuditas terbesar di indonesia.biasanya di tanam pada musim penghujan.banyak olahan yang memanfaatkan dari kacang tanah ini,untuk sop,soto dan lain-lain.
Saya pernah iseng membiarkan kacang tanah yang tumbuh dari hasil sisa panen yang ada di kebun,sangat perlakukan tanaman itu berbeda dari biasanya dan hasil yang saya dapatkan cukup mengejutkan saya karena 1 batang kacang tanah berisi 100 biji.
Maka dari itu saya buat artikel ini tentang cara-cara yang saya lakukan agar kacang tanah yang kita tanam menghasilkan biji banyak


1.Pengolahan Lahan


Pada umumnya,kacang tanah tidak memerlukan pengolahan lahan.ditempat saya para petani biasanya hanya membuat lubang kecil dengan sebuah alat dari kayu yang dibuat meruncing untuk membuat lubang tanam.dan hasil tanam 1 biji biasanya menghasilkan 15-20 biji kacang tanah.namun yang saya lakukan berbeda,sebelum penanaman kacang lebih baik kita gemburkan dahulu tanah yang akan menjadi media tanam.


2.Pemupukan


Untuk pemupukan sama seperti biasanya.
Pada awal tanam kita berikan kohe dan Tsp pada masa awal tanam.setelah 1 bulan beri pupuk NPK dan selang 1 minggu berikan Pupuk Organik Cair,MOL,dan tambahkan pupuk kandang.sebernarnya memang sedikit ribet,namun ini cara yang saya lakukan.dan juga pemberian POC dapat meningkatkan kualitas tanah menjadi subur.sedikit tips,jika pemupukan kohe ataupun pupuk kandang lebih baik dibenamkan.


3.Penambahan media


Yang saya maksud dengan penambahan media adalah menggudukkan tanah disekitar kacang tanah ke arah kacang tanah itu sendiri,tujuanya agar dapat membentuk calon biji kacang tanah tersebut.lakukan satu minggu sekali


4.Penyiangan Rumput Liar


Penyiangan Gulma dan Rumput liar juga berpengaruh pada hasil panen.karena nutrisi yang akan diserap oleh tanaman akan habis diserap oleh rumput yang tumbuh disekitar,jadi lakukan penyiangan rumput 1 minggu sekali.

Demikianlah sedikit tips agar panen kacang tanah bisa menghasilkan banyak biji bahkan 3 x lipat
Semoga Bermanfaat

3 komentar untuk "Tips Dan Trik Menanam Kacang Tanah Isi 100 biji"

  1. Jadi banyak ya proses nya untuk menanam kacang tanah

    BalasHapus
  2. Jadi banyak ya proses nya untuk menanam kacang tanah

    BalasHapus
  3. Jadi banyak ya proses nya untuk menanam kacang tanah

    BalasHapus

Posting Komentar